Nama : STAI BUNGA BANGSA CIREBON
Berdiri : 2003
Alumni : 1875 mahasiswa
Moto : Islami, Profesional, Mandiri
Ketua : H. Oman Fathurohman, MA
Prodi : Pendidikan Agama Islam

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bunga Bangsa telah lama berkiprah di kancah pendidikan wilayah Cirebon. STAI Bunga Bangsa yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bunga Bangsa Cirebon dengan Akta Notaris Nomor : 01 Iskandar Wiramiharja, SH. 1995 adalah awal berdirinya Sekolah Tinggi yang banyak menorehkan alumni-alumni yang kompeten dibidang keguruan mulai guru pada anak usia dini sampai pada taraf Dosen perguruan tinggi.
Kini dengan kekuatan para kaula muda STAI Bunga Bangsa masih eksis memberikan kontribusi yang terbaik bagi pemenuhan tenaga pendidik yang islami, profesional dan mandiri. dengan jumlah alumni 1875 orang membuktikan bahwa kepedulian yang serius terhadap khalayak para generasi daerah dan bangsa untuk dientaskan dari kebodohan.
Pada penghujung tahun 2008 sejumlah 87 alumni telah diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di wilayah Kab. Cirebon, Kota Cirebon, Kab. Kuningan, Kab. Majalengka dan Kab. Indramayu. kepercayaan inilah yang menjadi mutu dari sekolah yang berbasis asas-asas islam, profesionalitas dan kemandirian.
Juga pada tahun yang sama STAI Bunga Bangsa telah Terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan predikat "B" nilai 380, sebuah hasil yang memuaskan bagi kampus hijau STAI Bunga Bangsa.
Ide Kreatif terus dikembangkan khususnya dalam menjaring kebutuhan dunia maya para alumni, kolega dan khalayak untuk mengetahui sekaligus memberikan masukan yang berarti bagi berkembangnya STAI Bunga Bangsa menjadi Kampus Swasta yang bertaraf Nasional.


MENILIK KIPRAH

SEKOLAH TINGGI BUNGA BANGSA CIREBON


Nama yang unik bagi kalangan sekolah tinggi yang sekarang makin banyak berkembang di setiap pelosok nusantara, apalagi sekolah tinggi yang dimaksud berlebelkan Islam yang notabene sering diidentikan dengan tokoh-tokoh Islam, nama-nama pendiri yang memiliki ciri khas Islam, nama-nama tokoh Islam baik nusantara atau dunia dan sebagainya yang penting lebih ber’bau’ Islam. ”Bunga Bangsa” kata kuncinya, menjadi pertanyaan yang hendaknya serius di gali kenapa dengan nama itu sekolah tinggi yang beridentitaskan Islam, apakah tidak memiliki pilihan lain? Apakah hanya mencari sensasi semata? Apakah sudah memiliki kebosanan dengan lebel islam padahal tidak islami? Ataukah justru menyimpan segudang visi & misi yang diemban dengan dalih toh tidak beridentitaskan Islam juga mampu menerapkan nilai-nilai islami?.

Itulah yang menjadi jawaban dari kehausan masyarakat dengan kebosanan identitas yang tidak berimbas pada nilai-nilai aplikasinya, seperti halnya nama Ibrahim tetapi perilakunya sukamencuri. Bunga Bangsa juga demikian mengemban misi-misi yang elegan, sederhana dan penuh nilai dengan moto islami yakni memiliki dan menanamkan perilaku islami, profesional yakni mampu mengimplementasikan sikap diri yang sesuai dengan profesi dan sosialnya serta Mandiri yakni mampu mengejawantahkan nilai-nilai aplikasi yang berdikari, mampu membuat dan bermanfaat serta bermartabat di masyarakat.

Setiap perguruan tinggi pasti memiliki tiga nilai pembaktian kepada masyarakat umum yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga nilai yang diemban menjadi kebanggaan jika mampu dan terlaksana tidak ”diada-adakan” dalam rangka pemenuhan kebutuhan ilmu, solusi alternatif sosial maupun fakta riil ilmiah yang harus dibuktikan dalam kancah masyarakat umum. Sejalan dengan itulah eksistensi STAI Bunga Bangsa lahir dengan berbagai polemik baik instansi pemerintah maupun instansi swasta yang notabenenya menjadi perdebatan sepanjang proses kemajuan Sekolah Tinggi.

1995 adalah Tahun berdirinya Sekolah Tinggi Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, ditahun tersebut merupakan awal dimana perintisan sebuah sekolah tinggi yang mampu dan siap memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan di daerah Cirebon dan sekitarnya. Awalnya perintisan Sekolah Tinggi Agama Islam bermuara pada Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam yang pada waktu itu di wilayah Cirebon merupakan salah satu pencetak Guru-guru pendidik anak-anak Taman Kanak-kanak yang Islami, profesional, mandiri. Dalam perkembangannya STAI Bunga Bangsa mengembangkan sayapnya di Tahun 2003 dengan membuka Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Izin Nomor: Dj.II/43/03, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam/Madrasah Ibtidaiyah (PGSD/MI), Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam/Raudhlatul Athfal (PGTK/RA), Pendidikan Guru Bahasa Inggris (PGBI), Pendidikan Guru Matematika (PGMT) dengan izin Nomor: 002/Kop/II/S/03. Perkembangan demi perkembangan, terobosan demi terobosan dilakukan sebagai upaya memberikan konstribusi penting bagi pembenahan, pembaharuan, pembibitan guru yang Islami artinya mampu menerapkan nilai-nilai islam, profesional artinya mampu bersikap profesi terhadap segala aktivitasnya, serta mandiri mampu membuat, menciptakan dan berdikari dalam mencapai tujuan pendidikan.

Awalnya kampus STAI Bunga Bangsa berada di Jalan Simaja I No. 56 Kota Cirebon, namun pada tahun 2007 dengan semangat perjuangan yang gigih dan manajemen yang baik, maka dibangunlah Gedung Baru Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon yang terletak di Jalan Widarasari III Tuparev – Cirebon dengan kampus yang representatif menunjukan bahwa STAI Bunga Bangsa adalah ST yang mampu bersaing di kancah perguruan tinggi Cirebon khususnya dan Indonesia Umumnya. Dengan memiliki sarana dan prasarana yang memadai meliputi:

Ruang Perkuliahan yang bersih dan nyaman. Dengan alat peraga yang cukup seperti OHP, Proyektor, White Board, Kursi Lipat, dan berbagai media pembelajaran. Menjadikan ruangan perkuliahan yang sarat terknologi, kebersihan dan kenyamanan serta dibimbing oleh dosen-dosen yang berpengalaman baik dari Departemen Agama maupun Dinas Pendidikan. Jumlah kursi yang dibatasi merupakan cara untuk membatasi jumlah mahasiswa agar ruangan menjadi kondusif dan siap untuk dijadikan sarana KBM yang baik. Bentuk kursinyapun menjadi perhatian yang terus menerus melakukan perubahan sesuai dengan model pembalajaran yang akan berlangsung, selanjutnya di dalam ruangan memiliki ciri khas yaitu ”lepas sepatu” mencirikan bahwa kebersihan ruangan merupakan keutamaan dan kenyamaan dalam belajar.

Perpustakaan yang terotomasi, dengan jumlah buku 5000 Eks menempatkan sebagai perpustakaan yang memiliki referensi utama dan referensi penunjang. Dengan ruangan yang nyaman, aman dan tenang menempatkan perpustakaan sebagai place of peace (tempat kedamaian) tempat santai berbagi ilmu, berbagi ide dan berbagi pengetahuan tentang referensi perkuliahan dan umum. Dilengkapi dengan multimedia dan arsip-arsip penting CD Room tentang CD-CD terbaru ilmu pengetahuan.

Pelayanan yang diutamakan menempatkan perpustakaan STAI Bunga bangsa sebagai pilihan para pembaca dari kalangan manapun dengan syarat mengikuti prosedur dan tata tertib yang ada. Di perpustakaan STAI Bunga Bangsa juga memiliki literatur nasional dan internasional, jurnal-jurnal lokal Permata (Perhimpunan Mahasiswa dan Dosen Tarbiyah). Dengan demikian pantaslah jika STAI Bunga Bangsa terus menambah koleksi buku-buku perpustakaan sebagai akses bagi para mahasiswa/wi, dosen dan pembaca umum.

Laboratorium Komputer yang siap pakai, dengan jumlah yang cukup mampu mengakses antar komputer (LAN) , internet, Multimedia Komputer, Silabus Pendidikan Komputer dan penjaringan mutu teknologi komunikasi yang terinstalasi dengan berbagai departemen baik departeman agama maupun dinas pendidikan.

Dengan semboyan Islami, Profesional, Mandiri; Lab. Komputer STAI Bunga Bangsa Cirebon memberikan pelatihan-pelatihan karya ilmiah, pencarian referensi cepak dengan akses yang tepat. Serta mampu menyiapkan tenaga pendidik yang bukan hanya melek ilmu pengetahuan juga mampu dan siap melek teknologi dalam rangka mencegah budaya-budaya gagap teknologi yang sarat dengan kecepatan, ketepatan dan kecanggihan

Laboratorium School SD/MI dan TK/RA. Merupakan sebuah kejanggalan jika tenaga pendidikan hanya dan sanggup dalam tataran teoritis dan nol dalam ranah praktik. STAI Bunga Bangsa Cirebon mampu menjawab tentang kekurangan tataran praktik bagi setiap guru yang sesuai profesinya dengan menghadirkan lab. School SD/MI dan TK/RA, bagi para Mahasiswa/wi diberikan kewenangan untuk belajar, berlatih dan mencoba tentang kemampuannya di dalam kelas, dengan demikian mahasiswa diharapkan menjadi tenaga pendidik siap pakai, teruji dan mampu berbakti dimanapun berada. SD/MI dan TK/RA Lab. School STAI Bunga Bangsa terdiri dari guru-guru alumni STAI Bunga Bangsa Cirebon.

Akhirnya di tahun 2008, STAI Bunga Bangsa Cirebon divisitasi tepatnya pada tanggal 20-21 April 2008 oleh visitor yang bernama Prof. Dr. Kamrani Buseri dan Dr. Rahardjo. M.Ed, St. Selama dua hari dua malam. Dengan kegigihan dan keja team yang baik, keberlangsungan acara visitasi STAI Bunga Bangsa Cirebon berjalan dengan baik, bahkan seorang visitor merasa kagum dengan keberadaan kampus yang unik, ”kampusnya unik, namanya unik dan sistemnya juga baik” kata salah satu visitor. Kampusnya sangat bersih, namanya Bunga Bangsa!, sistemnya sangat terorganisir.

Dengan SK Nomor 005/BAN-PT/Ak-XI/S1/V/2008, STAI Bunga Bangsa Cirebon telah Terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada surat tertanggal 17 Mei 2008 menunjukan bahwa legalitas formal STAI Bunga Bangsa Cirebon sudah layak dan teruji secara hukum. Kebanggan kalipertama kalinya Akreditasi di peroleh, menjadikan suatu acuan dan semangat besar dalam kiprah mengaktualisasikan segala transfer ilmu keilmiahan yang islami, profesional, mandiri.

Gegap gempita mahasiswa dan civitas akademika membuktikan bahwa STAI Bunga Bangsa Cirebon eksis memberikan konstribusi pendidikan di wilayah Cirebon dan sekitarnya dan telah mengalumnikan 1875 Mahasiswa yang sebagian besar telah menjadi guru Pegawai Negeri Sipil, Honorer dan Pegawai Swasta.





SUSUNAN KELEMBAGAAN STAI BUNGA BANGSA CIREBON

Ketua Yayasan Pendidikan Bunga Bangsa Cirebon
Drs. H. A. Basuni

Ketua STAI
H. Oman Fathurohman, MA

Pembantu Ketua I Bidang Akademik
Drs. Sulaiman, M.MPd.

Pembantu Ketua II Bidang Sarana Prasarana
Dra. Lina Marliani, MA

Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan
Ahmad Abdul Khozim, MA, M.Pd.

Ketua Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam
Drs. KH. Abdul Hayyi Imam, M.Ag.

Ka. Bag. Administrasi
Herman Beni, MA

Bag. Keungan
Titi Mutiani

Bag. Adm & Kepegawaian
Santoso Hartanto

Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
Sadari, M.S.I

LP3M
Taufik Ridwan


Kenapa Harus di STAI BUNGA BANGSA CIREBON

Ada beberapa alasan kenapa anda yakin bahwa pilihan untuk menimba ilmu perkuliahan di STAI Bunga Bangsa Cirebon:
pertama
Sudah Terakreditasi BAN PT
kedua Islami dalam bersikap Profesional dalam bekerja dan
mandiri dalam berkreasi
ketiga kampusnya bersih, hijau dan nyaman
keempat dosen-dosennya pilihan




BBC Creatif
Taufik Ridwan (ridwantaufik20@yahoo.com/g.kobar@gmail.com)
staibbc95@yahoo.co.id

http//staibbc95.blogspot.com

Comments (4)

assalamualaikum! boleh saya numpang di blog ini? saya sangat mendukung sekali dengan perkembangan campus kita seperti ini... semoga sukses dan semakin menjulang tinggi di semua kalangan masyarakat, dan yang pasti semoga selalu ada dalam lindungan Allah Swt.. amiiiiiiiiin.....!

assalamu'alaikum.wr.wb. STAI Bunga Bangsa Cirebon merupakan lembaga pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi yang sangat luar biasa, memegang tinggi nilai kdisiplinan.
Bunga Bangsa Cirebon nama yang unik namun dibalik keunikannya, dapat memberikan kontribusi banyak dalam pengembangan SDM. Salut lah sma BBC dan mnjdi slh satu alsan juga mngapa saya kuliah di STAI Bunga Bangsa Cirebon.

Insya allah tahun ajaran baru ini saya ingin kuliah di STAI BBC,
Semoga ini pilihan yang tepat,
Dan allah merahmatinya.Ammiien

Poskan Komentar